Jumat, 12 April 2013

FUNGSI DAN PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM ERA GLOBALISASI

Derasnya arus globalisasi di dalam kehidupan kita akan berdampak pula pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Di dalam era globalisasi itu, bangsa Indonesia mau tidak mau harus ikut berperan di dalam dunia persaingan bebas, baik di bidang politik, ekonomi, maupun komunikasi. Konsep – konsep dan istilah baru di dalam pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) secara tidak langsung memperkaya khasanah bahasa Indonesia. Dengan demikian, semua produk budaya akan tumbuh dan berkembang pula sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu, termasuk bahasa Indonesia, yang dalam itu, sekaligus berperan sebagai prasarana berpikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan iptek itu.

Menurut Sunaryo (2000 : 6), tanpa adanya bahasa (termasuk bahasa Indonesia) iptek tidak dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu bahasa Indonesia di dalam struktur budaya, ternyata memiliki kedudukan, fungsi, dan peran ganda, yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa peran bahasa serupa itu, ilmu pengetahuan dan teknologi tidak akan dapat berkembang. Implikasinya di dalam pengembangan daya nalar, menjadikan bahasa sebagai prasarana berfikir modern. Oleh karena itu, jika cermat dalam menggunakan bahasa, kita akan cermat pula dalam berfikir karena bahasa merupakan cermin dari daya nalar (pikiran).

Di dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai :

1. Lambang kebanggaan kebangsaan

2. Lambang identitas nasional

3. Alat perhubungan antar warga, antar daerah, dan antar budaya

4. Alat yang memungkinkan penyatuan berbagai – bagai suku bangsa dengan latar belakang social budaya dan bahasanya masing – masing kedalam kesatuan kebangsaan Indonesia.

Perkembangan Bahasa dan Sastra Indonesia

Di dalam sejarahnya, bahasa Indonesia telah berkembang cukup menarik. Bahasa Indonesia yang tadinya hanya merupakan bahasa Melayu dengan pendukung yang kecil telah berkembang menjadi bahasa Indonesia yang besar. Bahasa ini telah menjadi bahasa lebih dari 200 juta rakyat di Nusantara Indonesia. Sebagian besar di antaranya juga telah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama. Bahasa Indonesia yang tadinya berkembang dari bahasa Melayu itu telah “menggusur” sejumlah bahasa lokal (etnis) yang kecil. Bahasa Indonesia yang semulanya berasal dari bahasa Melayu itu bahkan juga menggeser dan menggoyahkan bahasa etnis-etnis yang cukup besar, seperti bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa dari masyarakat baru yang bernama masyarakat Indonesia. Di dalam persaingannya untuk merebut pasar kerja, bahasa Indonesia telah mengalahkan bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia juga telah tumbuh dan berkembang menjadi bahasa yang modern pula.

Perkembangan yang demikian akan terus berlanjut. Perkembangan tersebut akan banyak ditentukan oleh tingkat kemajuan masyarakat dan peranan yang strategis dari masyarakat dan kawasan ini di masa depan. Diramalkan bahwa masyarakat kawasan ini, yaitu Indonesia, Malasyia, Thailand, Vietnam, Brunai Darussalam, dan Filipina akan menjadi salah satu global-tribe yang penting di dunia. Jika itu terjadi, bahasa Indonesia (lebih jauh bahasa Melayu) juga akan menjadi bahasa yang lebih bersifat global. Proses globalisasi bahasa Melayu (baru) untuk kawasan Nusantara, dan bahasa-bahasa Melayu untuk kawasan Asia Pasifik (mungkin termasuk Australia) menjadi tak terelakkan. Peranan kawasan ini (termasuk masyarakatnya, tentu saja) sebagai kekuatan ekonomi, industri dan ilmu pengetahuan yang baru di dunia, akan menentukan pula bagaimana perkembangan bahasa Indonesia (dan bahasa Melayu) modern. Bahasa dan sastra Indonesia sudah semenjak lama memiliki tradisi kosmopolitan. Sastra modern Indonesia telah menggeser dan menggusur sastra tradisi yang ada di pelbagai etnis yang ada di Nusantara.

Bahasa Indonesia sebagai Sarana Pengembangan IPTEK

Ditinjau dari segi usia, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang masih muda. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional baru pada tahun 1928 yang ditandai dengan lahirnya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. sejak itu pula nama Indonesia dipakai sebagai nama tersebut, yang sebelumnya dikenal dengan bahasa Melayu. Setelah Indonesia merdeka, bahasa Indonesia itu dijadikan bahasa negara, seperti dapat dibaca pada Undang-Undang Dasar 1945, pasal 36. ini berarti bahwa, sebagai bahasa negara bahasa Indonesia baru lahir pada tahun 1945, bersamaan dengan disahkannya Undang-Undang Dasar 1945.

Suatu kenyataan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi di negara kita ini, sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kepesatan perkembangannya, perlu diimbangi oleh bahasa yang mampu mewadahinya serta yang mampu meneruskan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, baik secara horisontal (kepada generasi yang sama), maupun secara vertikal (kepada generasi yang akan datang).

Untuk itu, pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk bahan pembahasan seyogyanya ditulis dengan gaya karya ilmiah, atau ilmiah populer. Penyajian karya ilmiah populer tidak memerlukan skemata atau pengetahuan yang rumit tentang segala sesuatu yang dibahas. Ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disajikan dengan bahasa yang jelas, dengan mempergunakan istilah yang lazim digunakan dalam masyarakat umum. Nadanya informatif, diselingin banyak humor agar menarik bagi pembaca.

Orang awam biasanya tidak tertarik kepada istilah yang terlalu khusus dan terdengar aneh. Mareka ingin sesuatu yang biasa-biasa saja, yang sudah ada di dalam masyarakat. Apabila di dalam masyarakat ada istilah yang dapat dipergunakan untuk merujuk pada suatu konsep tentang pengetahuan dan teknologi, maka hendaklah istilah itu dipakai. Apabila tidak ada istilah yang sesuai dengan konsep itu, maka hendaklah mengambil istilah yang sudah ada, yang maknanya hampir sama atau mendekati istilah yang dimaksud.

Penggunaan istilah baru sebagai pengganti istilah asing, memang seyogyanya mendapatkan perhatian khusus dari para penulis karangan ilmiah. Namun pengembangan penggunaan selanjutnya sangat bergantung kepada keberanian istilah baru itu dalam masyarakat. Kata canggih misalnya, kini sudah memasyarakat dengan baik. Salah satu alasannya mungkin karena kata sophisticated yang semula dipergunakan sebelum kata ”canggih” dilakukan, belum begitu banyak dipergunakan oleh penulis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kata-kata politik, sukses, dan stop, misalnya sudah merupakan kata serapan yang sangat mapan. Namun kata baru yang berasal dari kata-kata tersebut tidak semuanya mendapat penerimaan yang sama di kalangan masyarakat. Kata menyetop sudah lazim digunakan secara umum, demikian juga kata memolitikkan. Namun kata menyukseskan masih bersaing dengan kata mensukseskan tanpa ada tanda-tanda yang mana yang akan tersingkir, seperti hanya dengan kata mempolitikkan.

Begitu pula dengan kecendrungan sementara orang untuk menggunakan istilah-istilah yang kurang cocok untuk karangan ilmiah, seperti penggunaan akhiran –an, untuk kata apa, dan cepat juga dapat dihilangkan. Dalam bahasan Indonesia, untuk bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, telah tumbuh peristilahan, ungkapan dan semantik. Menciptakan istilah mengharuskan penghayatan ilmu yang bersangkutan dan pemahaman bahasa yang secukupnya. Di sini kita temukan perpaduan antara cara cipta dan cita rasa. Ada banyak istilah yang kita ciptakan hanya dengan membubuhkan awalan dan akhiran. Kata larut misalnya, dapat kita turunkan menjadi melarut, larutan, pelarut, pelarutan, dan kelarutan. Kita pun dapat menggali dari khasanah bahasa Indonesia. Sebagai contoh, kita sudah lama tidak mempunyai istilah untuk padanan kata steady flow, tetapi kita sekarang dapat mengindonesiakannya menjadi aliran lunak. Penggunaan dari bahasa Inggris to sense kini banyak yang dihubungkan dengan teknologi mutakhir, yaitu cara merekam permukaan bumi dari setelit. Untuk itu, kini kita gunakan mengindera dan selain itu dapat pula kita turunkan seperangkat kata, seperti pengeinderaan, penginderaan jauh, teknik pengeinderaan dan pengindera.

Bentuk lain, penuturan bahasan Indonesia sebagai bahasa IPTEK, yang merupakan padanan dari bahasa asing, misalnya kata engineering dapat dipadankan dengan kata rekayasa. Dari kata rekayasa dapat diciptakan kata perekayasaan, merekayasa, teknik merekayasa, rekayasa genetika, dan sebagainya. Belakangan ini ada anggapan dari kebanyakan orang, bahwa bahasa Indonesia tidak dapat diringkas. berdasarkan penelitian dan pengamatan yang dilakukan oleh Purwo Hadijojo, yang difokuskan pada perbandingan judul karya ilmiah dalam bahasa Inggris Ground Water for Irrigation dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan dengan jumlah kata yang relatif sama, yaitu air tanah untuk irigasi, ada juga judul karya ilmiah dari bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang lebih pendek, yaitu The Economic Value of Ground Water dalam bahasa Indonesia Nilai Ekonomi Air Tanah. Namun demikian, ada juga yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang lebih panjang Modern well Design dalam bahasa Indonesia Perencanaan sumur Bor Masa Kini.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa bahasa Indonesia memiliki kemampuan yang sama dengan bahasa lainnya dalam memasyarakatkan IPTEK.

Melihat persoalan di atas, tidak ada kata lain, kecuali menegaskan kembali pentingnya pemakaian bahasa Indonesia dengan kaidah yang baik dan benar. Hal ini –disamping dapat dimulai dari diri sendiri- juga perlu didukung oleh pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.

Pembelajaran bahasa Indonesia tidak lepas dari belajar membaca, menulis, menyimak, berbicara, dan kemampuan bersastra. Aktivitas membaca merupakan awal dari setiap pembelajaran bahasa. Dengan membaca, mahasiswa dilatih mengingat, memahami isi bacaan, meneliti kata-kata istilah dan memaknainya. Selain itu, mahasiswa juga akan menemukan informasi yang belum diketahuinya.
1. 16 Rumus tenses bahasa Inggris dan tips menghafalkannya. ~ Cara ...
ega-english.bahasa inggris.bahasa inggris/.../16-rumus-tenses-bahasa-inggri...
18 Feb 2013 – Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris ... Tenses bahasa Inggris - Pada pelajaran kali ini saya akan menjelaskan tentang 16 rumus tenses dalam ...
2. Tips Cara Belajar Tenses Bahasa Inggris Dengan Mudah dan Cepat ...
bahasainggrisonlines.bahasa inggris.bahasa inggris/.../Cara-Belajar...
oleh Rifqi Shahab - dalam 57 lingkaran Google+ - Lainnya oleh Rifqi Shahab
17 Feb 2013 – Cara Belajar Tenses Bahasa Inggris dengan mudah dan cepat sesuai English Grammar untuk diterapkan dalam percakapan bahasa inggris ...
3. Tips Cara Cepat Belajar Grammar (Tenses) Bahasa Inggris | Belajar ...
bahasainggris-jepang.bahasa inggris.bahasa inggris › Tips-Tips
14 Mar 2013 – Cara Cepat Belajar Grammar (Tenses) Bahasa Inggris—Pada sistem pembelajaran bahasa inggris yang umumnya digunakan di Indonesia, ...
Anda telah mengunjungi laman ini 3 kali. Kunjungan terakhir: 13/04/10
4. Belajar Tenses-Grammar | Rahasia Tense Bahasa Inggris
rahasiatensesinggris.duta4sukses.bahasa inggris/
Belajar Tenses Grammar Bahasa Inggris Mudah dan Cepat Kurang Dari 24 Jam. ...Anda akan mengetahui Bagaimana cara saya Belajar TENSES INGGRIS ...
5. Tenses | Bahasa Inggris Tenses | 16 Tenses Lengkap
tensesbahasainggris.bahasa inggris/
Rekans, Gabung Newsletter Bahasa Inggris Gratis saya ya. Ini tentang cara CEPATbelajar Bahasa Inggris, termasuk belajar tenses tentunya. Semua materi ...
6. Penjelasan awal mengenai Tenses - Cara Mudah Belajar Bahasa ...
bahasa inggris.caramudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris/.../penjelasan-awal...
12 Des 2012 – Cara mudah belajar bahasa Inggris - Kata kerja dalam tensesmenggambarkan waktu kejadian. Dalam bahasa Indonesia, teman-teman bisa ...
7. Progressive tense - Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
bahasa inggris.caramudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris/.../progressive-tens...
13 Des 2012 – Cara mudah belajar bahasa Inggris - Progressive tense atau continuous tense merupakan kata kerja yang menandakan bahwa aktivitas dalam ...
8. Cara cepat dan mudah belajar bahasa inggris: Belajar Simple ...
caracepatdanmudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris.bahasa inggris/.../si...
20 Sep 2012 – Cara cepat dan mudah belajar bahasa inggris ~ Simple FutureTense.png. A. Pola Kalimat Simple Future Tense (+) Subject + will/shall +verb 1 ...
9. Cara cepat dan mudah belajar bahasa inggris
caracepatdanmudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris.bahasa inggris/
14 Jan 2013 – Cara cepat belajar bahasa inggris, menurut saya untuk belajar bahasa inggris .... Sekarang kita akan belajar tentang Future Perfect Tense ...
Anda mengunjungi laman ini pada 13/04/10.
10. CARA SUPER MENGHAFAL 16 TENSES | pendidikan&Teknologi
pendidikananakusiadini2.bahasa inggris.bahasa inggris/.../cara-super-meng...Bagikan
10 Sep 2012 – Tenses sangatlah penting untuk membuat kalimat bahasa inggris yang baik ... bagi bagi nih cara mempelajari dan menghafal tenses dengan cara mudah, ...ini. belajar bahasa inggris tidak akan jauh dari tenses, semua yang ...
Anda mengunjungi laman ini pada 13/04/10.
1. Cara Mudah dan Praktis Belajar Grammar Bahasa Inggris ...
bahasa inggris.tipscerdas.bahasa inggris › Bahasa Inggris › TOEFL
14 Des 2012 – Cara Mudah dan Praktis Belajar Grammar Bahasa Inggris ... kita bahas tenses yang sering bikin pusing itu (12 tenses yang sering dipakai).
2. Cara mudah Belajar Tenses Bahasa Inggris - Smart English Language
wagimaniman.bahasa inggris.bahasa inggris/.../cara-mudah-belajar-tenses-b...
4 Agt 2012 – DASAR DASAR TENSES DALAM BAHASA INGGRIS. Diposkan oleh: Bp.Wagiman. 1. Present (simple) (subject He/She/It V1+s/es: ...
3. Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dalam Sekejap | Belajar Bahasa ...
bahasa inggris.belajarbahasainggrisyuk.bahasa inggris/cara-cepat-belajar-bahas...
6 Jul 2012 – Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah. Sebenarnya caracepat sukses belajar bahasa inggris itu sederhana, yang susah itu ...
4. 7 rahasia-belajar-bahasa-inggris-cepat
bahasa inggris.slideshare.bahasa inggris/.../7-rahasiabelajarbahasainggriscepat
22 Apr 2012 – 7 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris By. Mr. Baim ... Quick TensesMastery | Belajar Tenses, belajar tenses cepat, belajar grammar, be…
5. LetSpeakEnglish | Cara mudah mempelajari dan mengingat bentuk ...
letspeakenglish.info/.../cara-mudah-mempelajari-dan-mengi...
3 Nov 2011 – Cara mudah mempelajari dan mengingat bentuk tenses dan ... Salah satu hal paling sulit yang dihadapi dalam belajar bahasa Inggris adalah ...
6. 1 Cara Mudah Belajar Grammar Bahasa Inggris - Lintasan Informasi ...
terlintas-me.bahasa inggris.bahasa inggris › Bahasa Inggris
11 Mar 2013 – Cara Mudah Belajar Grammar Bahasa Inggris, Lintasan Informasi Dari... di postingan ini, sebenarnya belajar grammar kuncinya pada Tenses ...
7. Tenses dalam bahasa Inggris. ~ Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
ega-english.bahasa inggris.bahasa inggris/.../tenses-dalam-bahasa-inggris.ht...
25 Feb 2013 – Apa bedanya tenses dengan grammar? Ada berapa bentuk (rumus) sihtenses itu ? bagaimana cara menghafalkan semua tenses yang mudah ...
8. Cara Mudah Menguasai Tenses Bahasa Inggris | Belajar Inggris Dot ...
bahasa inggris.belajaringgris.bahasa inggris/cara-mudah-menguasai-tenses-bahas...
14 Apr 2012 – cara Mudah menguasai tenses disusun untuk menjawab permasalahan yang berhubungan dengan tenses, baik yang digunakan ...
9. Cara Mudah Belajar 16 Tenses
nataniel-natan.bahasa inggris.bahasa inggris/.../cara-mudah-belajar-16-tense...
Tenses is about Time and things that change with time are Verbs Kalau hal-hal yang ....ke Facebook. Label: Cara Mudah Belajar Tenses Bahasa Inggris ...
10. Cara Mudah Belajar Tenses | Tata Bahasa Inggris
tatabahasainggris.bahasa inggris/category/cara-mudah-belajar-tenses/Bagikan
Bentuk-Bentuk Waktu. Secara sederhana, tense berarti bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu. Kata kerja itu dapat memberitahu kita: Bahwa suatu ...
1. Cara Praktis Menguasai 1.000 Lebih Kosakata dan Tenses | anak ...
mediakita.bahasa inggris/.../cara-praktis-menguasai-1-000-lebih-kosa...
Bisa dilihat dari banyaknya sekolah-sekolah bertaraf internasional yang menjadikanbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar ...
2. Tips Cara Belajar Tenses Bahasa Inggris Dengan Mudah dan Cepat ...
tausemua.bahasa inggris.bahasa inggris/.../tips-cara-belajar-tenses-bahasa-in...
17 Feb 2013 – Dalam English Grammar, Tensesbahasa Inggris sering dianggap susah. Pada artikel kami kali ini, kami akan membagi tips bagaimana cara ...
3. Lintangrefr: Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris - TENSES
lintangmaharani.bahasa inggris.bahasa inggris/.../eas... - Terjemahkan laman ini
14 Apr 2012 – Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris - TENSES. Kali ini aku bakalan bahas tentang tenses. Ada 3 macam tenses, present tenses, past tenses, ...
4. Belajar tenses
digsitevalue.org/k/belajar-tenses
Selama dua tahun ini, saya belajar dengan baik. (= For the last two years, I've studied well). Cara mudah Belajar Tenses Bahasa Inggris - Sekedar Wawasan ...
5. Rangkuman Lengkap 16 Tense Grammar | Cara Mudah Belajar ...
dianapriliahartanti.wordpress.bahasa inggris/2013/.../belajar-16-tenses...
9 Mar 2013 – (Apakah kamu telah belajar Bahasa Inggris ketika ayahmu ke sini?) Past Perfect Continuous Tense. Past Perfect Continuous Tense digunakan ...
6. Quick Tenses Mastery | Belajar Tenses, belajar tenses cepat, belajar ...
belajartensescepat.bahasa inggris/
(Rahasia Kuasai 12 Tenses dengan Mudah & Cepat melalui Pemrograman ... banyakcara yang di ajarkan bagaimana menghapal tenses bahasa Inggris di ...
7. Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
ega-english.bahasa inggris.bahasa inggris/
Situs ini mengajarkan cara mudah belajar bahasa Inggris yang logis dan tidak ...Tenses bahasa Inggris – Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ...
8. Cara Mudah dan Cepat Memahami Tenses Tanpa Menghafal ...
belajar-english.bahasa inggris/.../cara-mudah-dan-cepat-memahami-te...
23 Feb 2013 – Memahami tenses dengan cara ini cukup mudah, sehingga tidak perlu... 50 Contoh Soal UN Bahasa Inggris SMA dan Pembahasannya ...
9. LAUTAN BAHASA INGGRIS | Agar Menguasai Bahasa Inggris Maka ...
lautanbahasainggris.wordpress.bahasa inggris/
7 Feb 2013 – Anda akan belajar jauh lebih cepat dibandingkan dengan ... Intinya cerita kita adalah tentang Cara Belajar Bahasa Inggris, Bukan Grammar Atau Tenses ....Anda, alamatnya di Cara mudah belajar tenses bahasa inggris.
10. Tips Cara Cepat dan Mudah Mahir Berbahasa Inggris | Berbagi Info
n1nt1.bahasa inggris.bahasa inggris › Belajar Bahasa InggrisBagikan
oleh Sri Rahma - Lainnya oleh Sri Rahma
25 Des 2012 – Home » Belajar Bahasa Inggris » Tips Cara Cepat danMudah Mahir ... Belajar grammar seperti menghapal tata bahasa/tenses akan membuat ...
1. tenses bahasa inggris lengkap: Cara Mudah Belajar Percakapan
tensesbahasainggrislengkap.bahasa inggris.bahasa inggris/.../cara-mudah-be...
12 Jan 2013 – Kebanyakan orang mungkin telah putus asa karena belajar bahasa inggris dari dulu hingga kini eh masih juga belum lancar, hehe.
2. Perfect progressive tense - Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
bahasa inggris.caramudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris/.../perfect-progress...
14 Des 2012 – Cara mudah belajar bahasa Inggris - Perfect progressive tensemendeskripsikan atau menjelaskan kejadian atau peristiwa yang terjadi pada ...
3. April 2013 ~ Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
bahasa inggris.caramudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris/2013_04_01_arch...
3 Apr 2013 – Cara mudah belajar bahasa Inggris - Menggunakan simple past tensesama mudahnya dengan menggunakan simple present tense.
4. Simple Present Tense dalam Bahasa Inggris ~ Cara Mudah Belajar ...
bahasa inggris.caramudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris/.../Simple-Present-...
6 hari yang lalu – Cara mudah belajar bahasa Inggris - Simple present tensemerupakan salah satu jenis tenses yang paling sering kita gunakan.
5. BukuKita.bahasa inggris - Buku Pintar Tenses : Cara Cepat Menguasai 16 ...
bahasa inggris.bukukita.bahasa inggris › ... › Bahasa dan Kamus › Belajar Bahasa :
SINOPSIS BUKU - Buku Pintar Tenses : Cara Cepat Menguasai 16 Tenses. Belajar bahasa Inggris tidak dapat lepas dari tenses karena tenses terkait erat ...
6. cara belajar percakapan bahasa inggris
carabelajarpercakapanbahasainggris.bahasa inggris.bahasa inggris/
12 Jan 2013 – Bagaimana cara menguasai Tenses dalam 16 hari? ... Labels: bahasa inggris, belajar pake grammar, cepat bisa bahasa inggris, download ...
7. Cara cepat dan mudah belajar bahasa inggris: Simple present tense ...
caracepatdanmudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris.bahasa inggris/.../si...
31 Jul 2012 – Setelah kita mempelajari Simple present tense part yang pertama sekarang mari kita lanjutkan pelajaran dalam blog Cara cepat dan mudah ...
8. Cara Cepat Menguasai Tenses Bahasa Inggris - Belajar Bahasa ...
belajarbahasainggris.bahasa inggris/.../index.php?...cara...tenses-bahasa...
Artikel Gratis Cara Cepat Menguasai Tenses Bahasa Inggris oleh Belajar Bahasa Inggris Tips.
9. Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri | Belajar Bahasa ...
bahasainggris-jepang.bahasa inggris.bahasa inggris › Tips-Tips
16 Mar 2013 – Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Sendiri-Bagi orang yang ingin memiliki ... inggris pasti ada belajar aturan Grammar terutama aturan Tenses ...
10. Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
bahasa inggris.carabelajarmudahbahasainggris.bahasa inggris/Bagikan
Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris: Hari ini kita akan membahasa tema cara mudah menguasai Prensent Tense, sebagai seri lanjutan artikel mengenai Cara ...
1. cara cepat belajar tenses bahasa inggris | Irfan Syah Putra
rellsafan.bahasa inggris.bahasa inggris › Trik
31 Mei 2012 – Jika “Ya” maka anda tidak sendiri, sayapun pernah mengalami hal serupa diatas. Nilai bahasa inggris saya jelek ketika smp, bahkan saya ...
2. Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation | Belajar ...
bahasainggris-jepang.bahasa inggris.bahasa inggris › Tips-Tips
14 Mar 2013 – Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Conversation—Orang yang sudah... banyak materinya belajar aturan Grammar terutama aturan Tenses.
3. Present Continuous Tense dalam Bahasa Inggris ~ Cara Mudah ...
bahasa inggris.caramudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris/.../Present-Continu...
6 hari yang lalu – Cara mudah belajar bahasa Inggris - Apa yang membedakan antara present continuous tense dengan simple present tense?
4. Perbedaan Mendasar Antara Present Simple dan Continuous ...
bahasa inggris.caramudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris/.../Perbedaan-Men...
5 hari yang lalu – Cara mudah belajar bahasa Inggris - Jika Anda belum mengerti ...pada penggunaan simple present tense dalam semua kalimatnya. Selain itu ...
5. Penggunaan Simple Past Tense dalam Bahasa Inggris ~ Cara ...
bahasa inggris.caramudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris/.../Penggunaan-Si...
5 hari yang lalu – Cara mudah belajar bahasa Inggris - Menggunakan simple pasttense sama mudahnya dengan menggunakan simple present tense.
6. Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
bahasa inggris.caramudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris/
Cara mudah belajar bahasa Inggris - Kita telah mempelajari continuous tense dan kita juga telah memperoleh ilmu tentang past tense. Di dalam dua bidang ...
7. December 2012 ~ Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
bahasa inggris.caramudahbelajarbahasainggris.bahasa inggris/2012_12_01_arch...
5 Des 2012 – Cara Mudah belajar bahasa Inggris I Ini adalah blog yang secara khusus ingin meningkatkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris.
8. Past Future Tense | Tenses Bahasa Inggris
tensesbahasainggris.bahasa inggris/past-future-tense
Belajar Tenses Bahasa Inggris Online Gratis Disini ... Banyak Temen Tidak Konfirmasi Di Newsletter Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat • Gabung ... Masalah rumus-rumus tenses sebenarnya sangat mudah, yang lumayan perlu latihan agar ...
9. Past continuous tense ~ Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
ega-english.bahasa inggris.bahasa inggris/2012/.../past-continuous-tense.ht...
Tenses bahasa Inggris - Dalam pelajaran kali ini saya ingin membahas tentang Past continuous tense. sebelum memulai materi ini saya sangat menyarankan ...
10. Cara Mudah Menggunakan 16 Tenses dalam Menulis dan Bebicara ...
bahasa inggris.belajaringgris.bahasa inggris/cara-mudah-menggunakan-16-tense...
19 Mei 2012 – Hari demi hari kepentingan untuk cara mudah menguasai bahasa Inggris semakin mendesak. Kini Semua orang wajib menguasai bahasa ...


Semoga Bermanfaat untuk sahabat pembaca FUNGSI DAN PERANAN BAHASA INDONESIA DALAM ERA GLOBALISASI

Artikel Terkait

0 komentar :